Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), salah satu program studi di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan yang kerap disapa UIN Gusdur ini, mengadakan ajang pemilihan kangmas mbakyu PGMI 2023/2024. Lomba kangmas mbakyu ini adalah salah satu rangkaian lomba dalam rangka memperingati 1 dekade PGMI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan ke-10. Lomba ini ditujukan kepada mahasiswa PGMI UIN Gusdur khususnya semester 3. Pendaftaran lomba dibuka pada tanggal 30 Oktober 2023 - 11 November 2023 lalu, kemudian dilanjutkan dengan seleksi dan penjurian pada tanggal 18 November 2023 melalui 3 tahap.

Pada pemilihan kangmas mbakyu tahun 2023/2024 ini terdapat 6 peserta, 1 calon kangmas dan 5 calon mbakyu. Tahap seleksi yang pertama adalah tahap tes tertulis, dimana para peserta diberikan 20 pertanyaan seputar FTIK dan Kampus UIN Gusdur. Selanjutnya peserta diarahkan ketahap yang kedua, yakni tahap public speaking yang dilakukan dengan presentasi bertema "PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN", sekaligus sesi tanya jawab. Peserta bebas berkreasi menggunakan media untuk presentasi. Lanjut ketahap yang ketiga, peserta memberikan penampilan minat bakat sesuai keunggulan diri masing-masing. Ada yang menampilkan dakwah, seni rupa, bernyanyi, macapat, geguritan, dan pranatacara. Kemudian pengumuman kejuaran akan diumumkan bertepatan dengan puncak perayaan Harlah PGMI pada tanggal 26 November 2023 mendatang.

Tidak hanya lomba kangmas mbakyu, berbagai lomba lainnya turut hadir memeriahkan perayaan Harlah PGMI 1 dekade ini. Diantaranya lomba solo vocal islami, tari kreasi, cover sholawat, tilawah, mendongeng, dan masih banyak lagi lomba lainnya. Pada puncak perayaan Harlah PGMI 1 dekade ini, diadakan pula Seminar Nasional yang dihadiri dan dibuka untuk mahasiswa dari berbagai daerah. Seminar Nasional PGMI ini membahas tema problematika guru dengan topik "Kupas Tuntas Tantangan Pendidikan Abad 21 bagi Guru sebagai Pendidik", yang diharapkan mampu membantu mahasiswa khususnya mahasiswa prodi PGMI sebagai calon guru dalam menghadapi problematika di lapangan nantinya. Himpunan Mahasiswa Prodram Studi (HMPS) PGMI telah berupaya semaksimal mungkin dalam mengadakan acara Harlah PGMI 1 dekade ini dengan turut dimeriahkannya berbagai acara lomba dan kegiatan lainnya sebagai wujud dedikasihnya kepada Fakultas terutama pada program studi PGMI UIN Gusdur. 

Komentar